Wisata Curug Landung Cigugur Kuningan

Wisata Curug Landung Cigugur Kuningan merupakan salah satu destinasi wisata kekinian di kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Destinasi wisata ini menghadirkan wisata air terjun yang sangat eksotis dengan nama yang hingga kini semakin populer di kalangan wisatawan.

Curug Landung berlokasi di kaki Gunung Ciremai tepatnya di sebelah selatan. Destinasi wisata ini resmi dibuka sejak tahun 2016 lalu.

Curug ini terbentuk dari aliran sungai Curug Putri yang berada di kawasan objek wisata Palutungan yang memiliki jarak kurang lebih 1 KM.

Mengenal Wisata Curug Landung Cigugur Kuningan

Kabupaten Kuningan ternyata mempunyai destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari kota lain di Jawa Barat. Destinasi wisata tersebut adalah Curug Landung.

Kawasan wisata ini memadukan keindahan air terjun tinggi dengan kreativitas beragam spot foto yang menarik.

Selain dapat menikmati keindahan alam, para pengunjung juga dapat mengoleksi serta mengabadikan berbagai foto selfie unik selama berkunjung di Curug Landung.

Curug Landung hingga saat ini menjadi salah satu objek wisata alam yang sangat menarik untuk anda kunjungi.

Dalam destinasi wisata ini menyediakan aneka spot foto kekinian, sehingga para wisatawan dapat berlama-lama selama menikmati keindahan objek wisata alam Kuningan satu ini.

Daya Tarik Wisata Curug Landung Cigugur Kuningan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Curug Landung merupakan salah satu air terjun yang berada di kaki Gunung Ciremai bagian selatan.

Curug ini terbentuk oleh adanya aliran sungai dari Curug Putri yang sudah cukup populer sebagai salah satu objek wisata Palutungan.

Selain diburu karena keindahan air terjunnya, destinasi wisata ini juga dapat berkesempatan mengambil foto bersama alam serta berbagai spot-spot menarik seperti permadani hingga ayunan terbang.

Curug Landung

Arti dari Curug landung adalah “air terjun tinggi’. Dengan ketinggian 30 m, curug ini memiliki air yang bersih dan sejuk. Selain itu, Curug Landung berada di tebing yang dikelilingi dengan beragam vegetasi liar yang memberikan daya tarik tersendiri.

Curug landung mengalir menuju sebuah telaga serta sungai yang tenang. Pada sungai ini dihiasi dengan bebatuan besar yang bertebaran.

Terdapat beberapa batu yang sengaja disusun secara rapi dengan tambahan pewarna yang menjadikannya lebih menarik cocok untuk tempat foto.

Terdapat pula jembatan dengan anek bentuk serta spot-spot foto yang sengaja dihadirkan untuk melengkapi pemandangan Curug Landung. Seperti adanya sangkar burung serta papan selancar yang dibuat seolah mengambang di atas sungai.

Jurang Landung

Dalam wisata Curug Landung Cigugur Kuningan terdapat Jurang  Landung yang pada awalnya merupakan area berfoto yang dinamakan dengan Gardu Action. Seiring dengan berjalannya waktu, maka bertambah pula jenis wahana serta spot foto.

Yang kemudian Gardu Action berubah menjadi Jurang Landung. Wahana yang paling banyak diminati pengunjung adalah ayunan serta meja menggantung.

Disini pengunjung akan dibawa berayun pada ketinggian sembari duduk di ayunan atau di meja piknik. Untuk memperoleh hasil foto pemandangan yang terbaik, pengunjung dapat menggunakan jasa foto atau video dengan menggunakan drone.

Fasilitas Yang Terdapat Pada Wisata Curug Landung Cigugur Kuningan

Destinasi wisata unik di Kuningan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap yang antara lain mushola, kios-kios makanan, toilet parkir serta gazebo yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk beristirahat.

Fasilitas wisata lain yang cukup menarik adalah wahana permainan, area kemah, berbagai spot foto dengan dilengkapi jasa foto dengan menggunakan kamera drone, dan lain sebagainya.

Dalam wisata Curug Landung Cigugur Kuningan juga tersedia berbagai jenis wahana serta area permainan. Terdapat pula bianglala mini serta kora-kora yang dapat dicoba oleh pengunjung untuk berbagai usia. Wahana terbaru yang cukup mencuri perhatian adalah Landung Sky Bike.

Wahana tersebut berbentuk melingkar serta bisa dikayuh menyerupai Sky Bike seperti yang terdapat pada Taman Selecta Batu Malang. Disini wisatawan akan merasakan sensasi mengayuh sepeda unik yang berada di ketinggian dengan menikmati pemandangan kota Kuningan dari ketinggian.

Lokasi Wisata Curug Landung Cigugur Kuningan berlokasi di JL. Pejambon-Sagara Hiang, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Akses jalan untuk sampai ke destinasi wisata satu ini sangat baik dan dapat dilalui roda dua maupun roda empat. Anda dapat mengunjungi Instagram @curug.landung untuk info lebih lengkap dan reservasi.

 

 

Leave a Comment